Jumat, 08 Juni 2012

KEKAYAAN ALAM PEKAN BARU DAN DUMAI UNTUK INDONESIA



KEKAYAAN ALAM   PEKAN BARU DAN DUMAI UNTUK INDONESIA
 
 
Wilayah Pekanbaru dan Dumai berada di Provinsi Riau yang merupakan provinsi yang terbentuk dari beberapa kali proses pemekaran wilayah. Dimulai dari awal kemerdekaan Indonesia, wilayah Riau masih tergabung di dalam Provinsi Sumatra yang berpusat di Medan, kemudian Provinsi Sumatra dimekarkan menjadi tiga provinsi yaitu Province Sumatra Utara, Sumatra Tengah, dan Sumatra Selatan. Provinsi Riau mulai terlepas dari Provinsi Sumatra tengah tahun 1957, melalui UU Darurat No.19 tahun 1957, di mana Provinsi Sumatra Tengah dimekarkan menjadi tiga provinsi, yaitu Provinsi Riau, Jambi, dan Sumatra Barat. Proses pemekaran tersebut tidak hanya terhenti pada tahun 1957 saja, akan tetapi berlanjut pada tahun 2002. Berdasarkan UU No.25 tahun 2002, Provinsi Riau melakukan pemekaran wilayah menjadi dua yaitu Provinsi Kepulauan Riau dan Province Riau yang bertahan hingga kini. Berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan pada tahun 2010, Provinsi Riau yang beribukota Pekanbaru ini memiliki luas wilayah sebesar 88.672,67 Km², dengan jumlah penduduk sebesar 5.543.031 jiwa dan kepadatan 62 jiwa/ Km². Secara administrative provinsi ini terdiri dari sepuluh kabupaten dan dua kota, yaitu Kota Pekanbaru dan Kota Dumai. Ke dua kota tersebut memiliki peran yang sangat penting terhadap pembangunan Provinsi Riau, Pulau Sumatra, bahkan Indonesia. Dumai dan Pekanbaru merupakan wilayah yang memiliki banyak keunggulan baik dari kekayaan sumberdaya alam dan letak wilayah yang sangat strategis, sehingga Pemerintah pusat dan daerah sangat yakin untuk menjadikan wilayah tersebut sebagai salah satu titik pertumbuhan ekonomi dengan skala Nasional. Dengan demikian wilayah tersebut ditetapkan menjadi bagian dari salah satu Koridor Ekonomi Indonesia, yaitu Koridor Pantai Timur Sumatra – Jawa Bagian Barat Laut (Koridor Sumatra) dengan tema pembangunan “Pusat Produksi dan Pengolahan Hasil Bumi dan Lumbung Energi Nasional”. Diharapkan perhatian Pemerintah terhadap wilayah tersebut, dapat memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi 7-8% per tahun sehingga dapat menempatkan perekonomian Indonesia menjadi peringkat ke 10 dunia
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Apa yang menjadi sektor unggulan di wilayah ini?
 
Melalui hasil produksi sawit pada tahun 2009 di Pulau Sumatra menjadikan Indonesia menduduki peringkat nomor 1 dunia dalam produksi kelapa sawit sebesar 19,3 Juta Ton/ tahun atau sekitar 45% produksi dunia dan peringkat 1 dalam produksi karet sebesar 4,43% per tahun. Pencapaian tersebut tidak terlepas dari kontribusi hasil kelapa sawit dan karet dari Riau, di mana Pekanbaru dan Dumai terdapat di dalamnya, sebagaimana terlihat pada tabel berikut ini: Kota Pekanbaru dan Dumai ini memiliki kemampuan tinggi untuk tumbuh kembang mandiri dari hasil bumi dan kekayaan alam lainnya, sehingga banyak diminati investor lokal bahkan asing untuk menanam modal lewat kegiatan industri pengolahan yang sangat menjanjikan bagi Pemerintah, pihak investor sendiri, dan tentunya penduduk lokal. Kota Pekanbaru di masa silam hanya berupa dusun kecil bernama Payung Sekaki yang terletak di pinggiran Sungai Siak. Dusun sederhana itu kemudian dikenal juga dengan sebutan Dusun Senapelan. Desa ini berkembang pesat, terlebih setelah lokasi pasar (pekan) lama pindah ke seberang pada tanggal 23 Juni 1784 terciptalah pasar baru yang identik dengan sebutan ”Pekan Baru”, nama yang hingga kini dipakai untuk menyebut Kota Pekanbaru. Sejak dulu kegiatan perdagangan telah ramai di kota ini,Sungai Siak yang membelah kota menjadi prasarana transportasi sungai yang menghubungkan ke dan dari beberapa kota pantai di Provinsi Riau, luar Pulau Sumatra, bahkan dijadikan sebagai jalur perdagangan antar pulau dan juga ke luar negeri, terutama Malaysia dan Singapura.
 
 
Kota Pekanbaru diyakini dapat dengan cepat tumbuh dan berkembang melalui jalur perdagangan internasional dengan memanfaatkan lokasi yang sangat menguntungkan, yakni berada di simpul segi tiga pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Singapura, dan di jalur lalu lintas angkutan lintas timur Sumatera. lalu lintas angkutan lintas timur Sumatera. Menanggapi tantangan Pemerintah untuk menjadikan Indonesia peringkat 10 (sepuluh) besar di dalam pertumbuhan ekonomi, maka Pemerintah Provinsi Riau menyusun strategi pertumbuhan ekonomi melalui Kawasan Strategi dan Cepat Tumbuh. Di antara 6 (enam) usulan Kawasan Strategis dan Cepat Tumbuh di Provinsi Riau, Kota Pekanbaru termasuk salah satu di dalamnya. Pekanbaru akan dijadikan sebagai Kota Metropolitan dengan fungsi utama kota industri, perdagangan dan jasa serta pusat layanan permukiman dengan skala provinsi. Untuk menjadikan Kota Pekanbaru menjadi Kota Metropolitan, sudah selayaknya diperlukan perencanaan infrastruktur yang lebih matang untuk kedepannya dengan tujuan utama mendukung kegiatan industri, perdagangan, dan mempermudah mobilitas para penduduk. Rencana Jalan Tol Pekanbaru - Dumai dengan total panjang ruas jalan tol 135,34 Km ini diyakini dapat memberikan pengaruh positif terhadap wilayah- wilayah yang dilalui dan mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pertumbuhan ekonomi di Kota Pekanbaru ini banyak ditopang dari adanya aliran investasi baik dari dalam negeri maupun luar negeri, banyaknya penanam modal atau perusahan melakukan aktivitas jual dan membeli barang modal untuk menambah kemampuan produksi barang dan jasa.
 
 
Iklim usaha yang kondusif merupakan elemen penting dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi, oleh karena itu diperlukan hubungan yang harmonis antara investor, Pemda selaku pemegang wewenang melalui kebijakan, dan tentunya masyarakat setempat. Suatu wilayah dapat dikatakan maju dan berkembang jika penduduk yang ada di dalamnya sejahtera jauh dari masalah sosial. Oleh karena itu pembinaan masyarakat merupakan salah satu misi Pemda Kota Pekanbaru dalam pembangunan Kota Pekanbaru. Pemda akan menyiapkan sumber daya manusia dengan menyediakan pelayanan pendidikan, tempat peribadatan, fasilitas kesehatan, dan tetap menjaga kebudayaan untuk mencipkatan SDM yang rukun, damai, berkualitas, sehat, dan sejahtera. Berdasarkan Rancangan Akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kota Pekanbaru Tahun 2006-2026, perkiraan rata-rata laju pertumbuhan ekonomi Kota Pekanbaru selama kurun waktu tersebut adalah 7 (tujuh) persen, dengan perkiraan konstribusi yang terbesar berasal dari lapangan usaha industri pengolahan, perdagangan, hotel dan restoran. Adapun beberapa Penanam Modal Asing (PMA) seperti PT Caltex Pacific Indonesia, perusahaan minyak terbesar di Indonesia, atau PT Indah Kiat Pulp and Paper yang bergerak di bidang usaha pulp dan kertas, dan di bidang kehutanan yaitu PT Surya Dumai dan PT Siak Raya yang ikut meramaikan aktivitas industri di Pekanbaru dan memberikan kontribusi terhadap PDRB. Kota Dumai yang terletak di Provinsi Riau ini merupakan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Bengkalis yang diresmikan sebagai kota pada 20 April 1999, dengan UU No. 16 tahun 1999 tanggal 20 April 1999 setelah sebelumnya sempat menjadi kota administratif (kotif ) di dalam Kabupaten Bengkalis. Kota Dumai yang merupakan kota terbesar nomor 2 (dua) di Indonesia setelah Manokwari ini yang berada 188 km dari Kota Pekanbaru dan memiliki SDA yang sangat melimpah. Sebelum pemekaran, Kota Dumai hanya dusun kecil di Pesisir Timur Propinsi Riau, akan tetapi identitas ini telah berubah karena dengan melimpahnya SDA ini menjadikan Kota Dumai bagaikan mutiara di Pantai Timur Sumatra.
 
Selain itu, letak strategis yang terletak persis di Selat Malaka dan bertetangga langsung dengan Malaysia juga menjadikan Kota Dumai sebagai pintu gerbang lalu lintas perdagangan Nasional dan Internasional seperti halnya Pekanbaru. Sekilas tentang Kota Dumai di atas, memberikan gambaran bahwa potensi luas wilayah yang besar, kekayaan SDA dan letak strategis dapat dijadikan sebagai modal utama di dalam pembangunan dan memajukan Kota Dumai dan Propinsi Riau khususnya dan Indonesia pada umumnya. Kontribusi PDRB kota Dumai, terbesar dari sektor pertambangan dan penggalian serta industri pengolahan tersebut tidak lepas dari campur tangan dari perusahaan yang termasuk di dalam BUMN, para investor asing, serta mitra usaha lainnya yang ikut berperan aktif, khususnya di Dumai dengan tujuan berperan aktif dalam pertumbuhan perekonomian Riau dan Indonesia. Dengan menggunakan sumber daya alam serta potensi unggulan yang ada, sejak beberapa tahun silam telah berdiri tiga industri besar yang turut serta memajukan Dumai dengan potensi unggulan tersebut. PT. CPI (dahulu Caltex Pacific Indonesia sekarang Chevron Pacific Indonesia) yaitu perusahaan asing eksplorasi minyak bumi, kemudian PT. Pertamina yang bergerak dalam bidang pengolahan dan pendistribusian minyak dan gas bumi dalam negeri, serta disusul oleh industri pengolahan minyak sawit (CPO) PT. BKR (Bukit Kapur Reksa). 
 
Julukan Kota Dumai sebagai Kota Minyak tidaklah salah, julukan ini dapat dibuktikan dengan banyaknya perusahan besar yang berskala Internasional yang melakukan eksplorasi minyak bumi di Dumai PT. Chevron Pasific Indonesia Kegiatan perindustrian Kota Dumai semakin diramaikan dengan timbulnya beberapa industri kecil atau home Industri, seperti pengolahan hasil pertanian seperti kelapa dijadikan VCO minyak kelapa murni dan kawasan industri yang strategis yaitu Kawasan Industri Dumai (KID) di Pelintung, Kawasan Industri Lubuk Gaung, Kawasan Industri Dock Yard, Kawasan Industi Bukit Kapur dan Kawasan Industri di Bukit Timah, dan Kawasan Industri Pelintung yang dinilai telah maju lebih pesat dari kawasan industri lainnya. Pada Kawasan Industri Pelintung ini telah dibangun satu dermaga ekspor dengan kapasitas tiga kapal tanker sekali sandar, selain itu juga telah dibangun juga pabrik pupuk NPK dan telah berproduksi yang diyakini menjadi pabrik pupuk NPK terbesar di Asia TenggaraUntuk mendukung pendistribusian barang dalam rangka ekspor barang, Dumai telah memiliki berbagai prasarana dan sarana pendukung transportasi seperti 9 unit pelabuhan besar yang berkualitas internasional, terdiri atas 4 unit dikelola dan dimiliki oleh Chevron dan 5 unit milik Pemerintah yang dikelola oleh PT. PELINDO I yang dapat menampung kapal tanker dengan fasilitas pendukung seperti besar seperti kolam dan perairan pelabuhan, panduan, penundaan, layanan hal, eksploitasi, dan penyewaan peralatan, dermaga, kompleks kantor, gudang, bidang tempat pembuangan sampah, terminal penumpang. Melihat adanya kawasan perindustrian yang terus berkembang, maka PEMKOT Dumai merencanakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Dumai untuk rencana kedepan, seluas 231.533,12 Ha yang meliputi 5 kecamatan yang berlokasi persis di sebelah Selat Malaka, yaitu Kec. Dumai Barat, Kec. Dumai Timur, Kec. Bukit Kapur, Kec. Medang Kampai, dan Kec. Sungai Sembilan. Seperti Kota Pekanbaru, Kota Dumai juga menjadi salah satu kawasan strategis dan cepat tumbuh di Provinsi Riau dengan menjadikan Kota Dumai fungsi utama kota industri, kawasan ekonomi khusus, dan menjadikan Kota Dumai sebagai exit dan entry point Provinsi Riau lewat beberapa perencanaan pelabuhan di Kota Dumai. Dengan adanya kawasan industri besar maupun kecil tersebut tentunya memberikan dampak yang sangat positif bagi perkembangan dan kemajuan perekonomian Kota Dumai, dan juga yang paling terpenting adalah telah memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat di Kota Dumai sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat dan menurunkan angka pengangguran yang merupakan salah satu prioritas Pemerintah Provinsi Riau . Penurunan angka pengangguran Provinsi Riau telah terjadi sejak tahun 2004-2008, akan tetapi pada tahun 2009 kembali peningkatan sebesar 0.38% yang disebabkan oleh pencari kerja (migrasi) melebihi peluang yang ada. Peningkatan angka pengangguran tersebut merupakan tantangan bagi Pemerintah Riau untuk tahun ke depannya, walaupun peningkatan tersebut tidak terlalu besar. (MPB)Seperti halnya Kota Pekanbaru, Kota Dumai juga memiliki potensi dan unggulan pada bidang pertambangan , penggalian, dan industri pengolahan. Sebagaimana terbukti dalam pencapaian PDRB dari tahun 2005-2009, sektor pertambangan, penggalian, dan sektor industri pengolahan dari tahun ke tahun selalu unggul dan bahkan menunjukan peningkatan.

Tidak ada komentar: